Walikota Minta Komite Bisa Rumuskan Sekolah Sebagai Rumah Kedua Bagi Pelajar

62 Views | 3 Oktober 2019

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda berusaha mewujudkan semua sekolah di Kota Tepian menjadi sekolah ramah anak dan sekolah menjadi rumah kedua bagi anak. Hal itu disampaikan Walikota Samarinda, Syaharie Jaang ketika menerima pengurus baru Komite Sekolah SMPN 10 Samarinda, Kamis (3/10) di Balaikota.

Menurut Jaang upaya menjadikan sekolah menjadi sekolah ramah anak dan sekolah jadi rumah kedua bagi anak merupakan sebuah proses panjang. 

“Oleh itu saya meminta kepada semua pengurus Komite SD maupun SMP Negeri dan Swasta bisa merumuskan hal ini,” pinta Jaang.

Sehingga sambung dia, apabila ada guru yang memberi sanksi muridnya demi merubah perilaku murid tadi ke arah lebih baik, tidak serta merta selalu dianggap negatif oleh orang tua murid.

“Karena kita tahu, saat ini murid ditegur sedikit oleh gurunya pasti berujung pada hukum karena dianggap melanggar hak asasi anak oleh orang tua,” kata Jaang.

Oleh itu, Pemkot tahun ini telah membuat kebijakan kepada para orang tua agar saat mengantarkan anaknya pertama kali masuk harus ada kesepakatan antara orang tua dengan guru untuk mempercayakan sepenuhnya keberadaan siswa tadi saat di sekolah.

“Guru itu diberikan tugas untuk mendidik supaya anak-anak itu bisa jadi bagus, sehingga pengajaran yang tegas menjadi bentuk didikan guru,” ungkap Jaang.

Dirinya juga menjelaskan jika guru memberikan pengajaran pasti ada pertimbangan-pertimbangan khusus dan ada batas-batas tertentu.

Sementara Ketua Komite SMPN 10, Khairul Fahmi mengatakan kehadiran pengurus baru beraudiensi dengan Walikota tidak lain untuk menyelaraskan program kerja komite SMPN 10 tiga tahun kedepan. Mengingat sebagai penyambung komunikasi antara sekolah dan orang tua murid, sudah menjadi kewajiban bagi komite untuk menyampaikan peningkatan mutu pelayanan, serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan sekolah. (kmf4)

Penulis: Ahmad Haidir --Editor: Doni

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA