Gubernur Resmikan Proyek Infrastruktur Samarinda

721 Views | 8 Februari 2018

**Awang: Samarinda Harus Jadi Ikon Kaltim

 

SAMARINDA.KOMINFO. Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak bersama Walikota Samarinda Syaharie Jaang meresmikan sebanyak 11 proyek infrastruktur, baik yang didanai APBD kota, propinsi maupun APBN.

Peresmian proyek proyek ini dalam rangkaian agenda Hari Jadi Kota Samarinda ke 350 dan HUT Pemkot ke 58 di halaman Musium Samarinda depan Taman Samarendah Jl Bhayangkara, Kamis (8/2).

Proyek tersebut yakni jembatan Achmad Amins Mahkota II, Fly Over Air Hitam, Museum Samarinda dilengkapi Amphitheater, taman Samarendah, Tourism Information Centre, lampu penerangan jalan Smart City di Fly Over Jl Juanda dan Jl Kadrie Oening, loket system pengujian kendaraan bermotor Drive Thru, Revitalisasi Pasar Pagi dan Pembangunan Pasar Ikan Segar di Pasar Palaran, kantor kelurahan Air Putih, kantor Dinas PUPR, semenisasi sepanjang 3.591 meter di Jl Mulawarman, Jl M Noor, Jl Wonotirto dan Jl Irigasi kelurahan Rawa Makmur kecamatan Palaran.

“Bukan hanya membangun untuk Samarinda, tapi pembangunan di sini juga untuk Kaltim. Saya mengapresiasi kepada walikota yang telah menyelesaikan tanggung jawab pembangunan,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Ia mengapresiasi pembangunan di kota Samarinda walaupun di kondisi defisit keuangan, tapi tetap bias melakukan pembangunan alias tidak stagnan.

“Samarinda harus jadi ikon Kaltim,” pinta Awang.

Awang juga menyampaikan terima kasih kepada isteri mantan walikota Samarinda Achmad Amins, Aminah Amins yang merestui keinginan walikota Samarinda Syaharie Jaang untuk memberi nama jembatan Mahkota2 menjadi jembatan Achmad Amins Mahkota 2.

Syaharie Jaang merasa bersyukur akhirnya proyek proyek infrastruktur bisa diresmikan.”Semoga berkah dan bermanfaat sesuai peruntukkannya yang semata mata untuk kenyamanan masyarakat,” ungkap Jaang.

Disebutkan Jaang, proyek proyek yang diresmikan itu merupakan proyek urgensi dan prioritas tinggi yang telah selesai pembangunannya, serta siap digunakan.

“Walaupun ada juga yang sudah digunakan manfaatnya, tanpa harus menunggu simbolis peresmian. Yang penting manfaatnya dirasakan warga. Seperti Jembatan Mahkota 2 yang diberi nama jembatan Achmad Amins, Fly Over Air Hitam dan Taman Samarendah,” ucap Jaang.

Menurutnya, diberi nama mantan walikota Samarinda H Achmad Amins, karena almarhum adalah penggagas dibangunnya jembatan yang menghubungan Sungai Kapih dan Simpang Pasir Palaran, sejak 2003 silam, dan selesai tahun 2017. “Terima kasih ibunda berkenan hadir di acara peresmian proyek proyek dan juga menyetujui pemberian nama jembatan,” tutur Jaang.

Dikemukakan Jaang, semua proyek yang menghabiskan anggaran tidak sedikit tersebut, bukan sekedar menciptakan bangunan megah saja. “Spirit kita adalah semata mata ingin memberikan pelayanan terbaik dengan selalu mengedepankan prinsip bekerja dengan hati tulus untuk melayani rakyat. Bekerjalah secara cepat, cerdas, akurat dan terkoordinasi, tidak menyusahkan orang, disiplin, gembira, bertanggung jawab dan ikhlas. Bekerja dengan ikhlas adalah ibadah,” imbuhnya.

Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin mengatakan dari total APBD kota Samarinda Rp 2.541.344.738.391 yang bersumber dari bantuan keuangan propinsi Kaltim Rp 181.687.580.098 atau sebesar 7,2 persen.

“Demikian juga tahun tahun anggaran sebelumnya, sehingga cukup besar peran Pemprop Kaltim terhadap perkembangan dan kemajuan kota Samarinda. Mudah-mudahan di tahun tahun mendatang dapat meningkat lagi,” harap Sugeng.(kmf2)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA