Anggaran Minim, OPD Dituntut Kreatif

275 Views | 20 Februari 2018

KOMINFO. SAMARINDA - Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Sugeng Chairuddin mengakui jika fiskal keuangan dari pusat hingga ke daerah sampai sekarang belum stabil. Bahkan cenderung angkanya menurun sehingga secara otomatis berdampak pada ritme pembangunan di daerah jika tidak dikelola secara baik. Karena itu, diminta kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih kreatif dan inovatif.

Artinya, stigma berpikirnya tidak hanya sekedar membelanjakan anggaran yang ada, tetapi juga ikut berpikir untuk mendatangkan keuangan bagi daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (OPD).
Hal ini disampaikan Sugeng dalam rapat koordinasi sekaligus perkenalan antara para pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Samarinda dengan Pjs Walikota Samarinda, Zairin Zain di aula Rumah Jabatan (Rumjab) Walikota, Jalan S Parman, Samarinda Ulu, Senin (19/2/2018) siang. Untuk mendatangkan PAD ini lanjut dia, tidak bisa hanya dibebankan sepenuhnya kepada Badan Pendapatan Daerah (Bappenda). Tetapi juga harus didukung OPD lainnya, termasuk para camat dan lurah.
"Camat dan lurah harus bisaya jadi ujung tombak. Semua PBB (Pajak Bumi dan Bangunan, Red) harus bisa dikejar secara maksimal. Karena camat dan lurah yang lebih dekat dengan warga dan mengetahui pasti kondisi sebenarnya di lapangan," katanya.
Meski begitu lanjut Sugeng, sebenarnya selama ini tidak semua dana yang dianggarkan habis dibelanjakan. Termusuk APBD 2017 lalu dengan total Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) dari total keseluruhan OPD mencapai Rp 382 miliar.
"Jangan sampai anggaran kita sudah sedikit dan didapatkan melalui perjuangan yang susah payah, tapi justru tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan di daerah ini. Memang ada yang terkendala aturan. Untuk yang ini harus bisa segera dilaporkan secara tertulis, biar tidak terulang. Tapi yang jelas, secara keselurahan sebenarnya daya serap anggaran kita di Samarinda sudah cukup baik yaitu di atas 80 persen ," urai mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda ini. (kmf3)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA