PERCEPATAN OPTIMALISASI OPERASIONAL BANDAR UDARA APT PRANOTO – SAMARINDA

851 Views | 25 Juni 2018

Melihat antusias masyarakat samarinda yang begitu besar berkaitan dengan rute penerbangan tambahan atau rute luar pulau , Pada tanggal 15 juni 2017 sejatinya adalah awal dari beroprasinya maskapai Wings Air Dengan Rute Samarinda-Surabaya (PP) serta Samarinda-Makkasar(PP). Namun hal tersebut tertunda sementara. Tentunya bukan tanpa alasan, pihak Manajemen Bandara APT Pranoto Samarinda sudah memberikan kemudahan akses untuk maskapai agar lebih cepat masuk dengan memberikan SLOT TIME Untuk rute rute tersebut.

Kemudian apakah masalahnya?? Hal tersebut tertunda sementara dikarenakan Masih Menunggu SLOT TIME dari bandara Tujuan Yaitu BANDARA SULTAN HASSANUDIN Makkasar Dan BANDARA JUANDA Surabaya. Hal tersebut dikarenakan pada SLOT TIME untuk kedua bandara tersebut masih padatnya Traffic Penerbangan, Sehingga Perlu dilakukan SINKRONISASI baik dari BANDARA APT PRANOTO SAMARINDA, Maupun Kedua Bandara Tujuan tersebut.

Sebagai langkah kongkrit untuk mengatasi permasalahan tersebut, Senin, 25 Juni 2018 Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara APT Pranoto Samarinda Bapak Wahyu Siswoyo akan langsung ke Surabaya guna melakukan Koordinasi terkait SLOT TIME Di Surabaya Dengan Manajemen IASM (Indonesian Airport Slot Management) Surabaya.

Bukan hanya rute tujuan Surabaya dan makkasar yang mendapat perhatian begitu besar, namun ada beberapa rute dan tujuan kota besar yang sedang dipersiapkan dan dipercepat proses penyempurnaan fasilitasnya

Perlu disampaikan pula untuk optimalisasi Bandara Apt Pranoto Samarinda Sangat Bergantung Pada Penyelesaian Shoulder landasan Pacu (Runway) 22-04 sehingga akan mampu melayani pesawat jet sejenis Boeing 737-800 NG dan sejenisnya yang artinya maskapai besar seperti Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air dll akan membuka rute baru melalui Bandara APT Pranoto Samarinda. Untuk saat ini pengerjaan Shoulder landasan pacu masih dikerjakan pemprov kaltim dengan menggunakan APBD yang ditargetkan selama 9 bulan.

Untuk layanan rute samarinda-jakarta misalnya masih menunggu pengerjaan shoulder landasan pacu oleh pihak pemprov kaltim dikarenakan saat ini hanya pesawat bermesin Jet (turbofan) yang diizinkan beroperasi di BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA, Jika pengerjaan Shoulder telah selesai, rute Samarinda-Jakarta Akan Segera Terwujud.

HUMAS BANDARA AJI PANGERAN TUMENGGUNG PRANOTO SAMARINDA

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA