Tim Pusat Nilai Dua Sekolah Sehat Samarinda

311 Views | 3 Agustus 2018

SAMARINDA.KOMINFO. Tak diragukan lagi, kota Samarinda sebagai kiblat kota Sehat di Kalimantan kembali mewakili Kaltim di lomba Sekolah Sehat (LSS) dengan dua sekolah, TK Negeri 1 Pembina dan SMAN 1 Samarinda.

 

"Ini kebanggaan kita, dua sekolah dari Samarinda mewakili Kaltim di lomba sekolah sehat tingkat nasional. SMAN 1 untuk SMA, dan TK Negeri 1 Pembina untuk TK/PAUD," ucap Walikota Samarinda Syaharie Jaang dalam sambutannya ketika menerima Tim Penilai LSS tingkat nasional, di TK Negeri 1 Pembina, Kamis (2/8).

Jaang mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional yang dipimpin Ahyar terdiri dari beberapa kementerian, mulai dari Agus Yahya, Kader Revolusi, Erwin Sahala, Trisno Subarkah dan Siska Lismayanti.

"Inilah sekolah sehat kebanggaan kami semua warga Samarinda dan Kaltim, sebagai wadah membentuk anak anak kita yang beriman, sehat dan cerdas sebagai generasi penerus bangsa. Gelar Juara sebagai motivasi bagi kita semua, tapi bagaimana kita semua bisa terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mohon doa dan dukungan semua warga Kaltim," ungkap Jaang.

Menurut Jaang, banyak penghargaan di bidang kesehatan yang diraih kota Samarinda.

"Kebetulan istri saya selain ketua TP PKK juga sebagai ketua TP UKS, juga sebagai ketua Forum Kota Sehat. Untuk kota sehat yang kategori tertinggi sudah dua kali dengan meraih Swasti Saba Wistara, belum lagi juara lomba PHBS, lomba LBS, Posyandu dan lainnya," beber Jaang.

Tapi sekali Jaang mengatakan gelar juara ini sebagai motivasi dan cambuk bagi semua warga agar bisa menerapkan pola dan perilaku hidup bersih dan sehat, mulai dari lingkungan keluarga hingga ke komunitas lebih besar dan luas lagi.

 

Jaang menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar TK Negeri 1 Pembina dan SMAN 1 Samarinda serta TP UKS, baik kelurahan, kecamatan dan kota termasuk para pejuang dan donatur yang peduli dengan kesehatan.

Ketua TP UKS Samarinda Puji Setyowati juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar kedua sekolah tadi yang dengan semangat dan tekun dalam menciptakan sekolahnya menjadi sekolah sehat seperti sekarang bahkan menjadi wakil Kaltim di tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai Ahyar mengatakan tim akan menilai dari berbagai aspek.

Menurutnya ada beberapa item penilaian yang harus dipenuhi sekolah. Seperti sarana dan prasarana, SDM tim pengajar dan tim pendukung lainnya, kemudian PHBS.

"Sejauh manaka perilaku hidup bersih dan sehat sudah ditanamkan dan sudah menjadi budaya di sekolah ini. Jadi bukan hanya sekedar lomba terus mendapat juara, tapi bagaimana bisa terus ber-PHBS bukan mau lomba saja," tegasnya.

Bukan hanya ke dua sekolah, tim juga menilai sekretariat UKS kecamatan, sekretariat UKS kota dan UKS propinsi.

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA