Kadiskominfo Tantang Adakan Aplikasi Pajak Online

241 Views | 2 Oktober 2018

SAMARINDA. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah memberikan apresiasi kepada perusahaan start up lokal yang telah melebarkan sayap dengan membuka fitur pembayaran non tunai dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada konsumen saat transaksi belanja kebutuhan.

Hal ini disampaikannya ketika menyaksikan MoU kerjasama antara Pesanbungkus  dan PDAM Tirta Kencana dalam hal pembayaran non tunai untuk tagihan air PDAM, Senin (1/10/2018).Dalam arahannya, Dayat begitu ia disapa memberikan dorongan semangat agar start up karya daerah bisa terus bersaing dengan memanfaatkan celah-celah yang belum dilirik pengembang aplikasi raksasa.“Masyarakat sekarang akhirnya dipaksa untuk mengikuti zaman. Seperti penggunaan pembayaran non tunai untuk tol di Jakarta.

Dari 8 jalur masuk, dua sudah menggunakan sistem non tunai, sisanya konvensional dan bisa kita lihat yang menggunakan kartu tol tidak perlu mengantri lama-lama,” ujar Dayat menganalogikan betapa mudahnya pemanfaatan aplikasi ini.Menurutnya kerjasama berbasis aplikasi itu sejalan dengan visi pemkot untuk mewujudkan Samarinda sebagai smart city. Pihaknya sebagai regulator jelas Dayat, tidak terlalu memberlakukan regulasi yang berat kepada pelaku start up lokal. Ia lebih menginginkan agar pengembang aplikasi lokal bisa lebih dulu bertahan dan akhirnya berkembang, ketimbang harus memberatkan.

Bahkan ia menantang agar layanan yang ada bisa terus tumbuh seiring dengan kebutuhan warga Samarinda.
“Mungkin juga perlu dijajaki kerjasama untuk pembayaran pajak online. Kalau kita lihat di Dispenda, setiap harinya terus terjadi antrian masyarakat yang ingin membayar pajak. Kita harapkan ini pun bisa dijangkau sebagai inovasi pelayanan,” jelasnya.CEO Pesanbungkus Hariansyah menambahkan, keberadaan fitur baru ini setidaknya bisa membantu segala kebutuhan masyarakat.

Bahkan ke depannya bukan cuma Samarinda, ia berharap tapi juga bisa diakses di daerah lain.Sementara Diektur Teknik PDAM Ali Rachman, menambahkan  apa yang dilakukan ini selaras dengan pengembangan bisnis PDAM yang memang merencanakan pembayaran rekening pelanggannya bisa dilakukan secara online. Ia berharap pengembang aplikasi lokal ini bisa berkompetisi langsung dengan start up sejenis yang lebih dulu ada, dengan terus melakukan inovasi dan penyesuaian harga. (kmf4/kmf3)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA