Diturap, Lebar SKM Kembali ke 40 Meter

313 Views | 13 Maret 2017

Walikota Tinjau Perkerjaan Penurapan Segmen S Parman

KOMINFO.SAMARINDA--Akhirnya proyek normalisasi dan perkuatan tebing Sungai Karang Mumus (SKM) dengan pekerjaan penurapan dan pengerukan sepanjang 300 meter di segmen Jl S Parman melalui dana APBN bernilai kontrak Rp 24,9 Miliar telah dimulai.
"Pengerukan dan penurapan akan mengambil posisi sungai yang awal. Dimana lebarnya mencapai 40 meter, yang selama ini berkurang hingga 20 meter, baik dimanfaatkan oleh warga maupun sedimentasi. Jadi, dengan diturap akan kembali menjadi lebar 40 meter," ucap Walikota Samarinda Syaharie Jaang dalam kunjungannya pada pekerjaan perdana proyek penurapan SKM, kemarin.
Menurutnya dengan menambah lebar, kedalaman dan kebersihan sungai, maka akan menambah kapasitas daya tampung air di SKM. "Harapan kita, walaupun belum selesai semua pasti ada hal positif, dalam hal mengurangi genangan dan mempercepat kurangnya genangan. Baik yang ada di Pemuda, PM Noor, DI Pandjaitan bahkan di Lembuswana," ucap Jaang semangat.

Dikatakan Jaang tahap awal melalui instansi Balai Wilayah Sungai (BWS) Kaltim-Kalimantan III Kementerian PU sepanjang 300 meter, dan diharapkannya masih bisa terus berlanjut lagi. "Masih ada sepanjang 1,2 KM yang sudah bebas, sehingga bisa dikerjakan. Apakah nanti lewat perubahan maupun APBD Murni. Kita sangat mengharapkan dukungan dari pusat ini," imbuh Jaang.
Tidak hanya pekerjaan penurapan dan normalisasi, PPK Sungai dan Pantai BWS Kaltim-Kalimantan III Zulfi Fakhroni mengungkapkan akan ada pekerjaan penataan lingkungannya.
"Lanscapenya ada di Dirjen Cipta Karya. Penataannya akan mendapat dukungan dari Cipta Karya masih dibawah Kementerian PU. Rencananya akan ada taman maupun jogging track atau jalur bersepeda. Tapi ini terserah dari Pemkot mau seperti, yang jelas lewat Cipta Karya proyeknya dan pelaksanaannya tahun depan," beber Zulfi.
Jaang sendiri begitu sumringah mendengar informasi penataan lingkungan yang akan mempercantik kawasan bantaran SKM yang tahap awal 300 meter ini. "Kita sangat berterima kasih. Yang jelas akan bertambah lagi tempat kunjungan keluarga, selain ada jogging track di taman Samarendah yang tiap sore sudah rame. Ini akan menjadi destinasi baru bagi warga," tutur Jaang.
Sementara kepala BWS Kalimantan III Kaltim-Kaltara Arief Rachman menyebutkan proyek yang kontraknya selesai November tahun ini akan ditarget Oktober lebih cepat sebulan.
"Tahap awal ini pekerjaannya pembersihan hingga 300 meter, kemudian baru pemancangan hingga target Insya Allah Oktober," beber Arief didampingi kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Kaltim-Kaltara BWS Kalimantan III Ahmad Junaidi.
Dengan melebarnya sungai hingga menjadi 40 meter, disebutkan Arief akan bisa mereduksi 10 persen banjir di sekitarnya, seperti di PM Noor, Pemuda, depan Alaya hingga Lembuswana. "Apalagi depan Alaya DI Pandjaitan akan ada juga penanganan sendiri oleh Dinas PU Propinsi (Kaltim, red)," imbuh Arief.
Arief juga memastikan pekerjaan penurapan dan normalisasi tidak hanya sampai di 300 meter ini. Menurutnya akan mengusulkan kembali untuk kelanjutannya, dimana walikota sudah memastikan 1,2 KM yang sudah bebas sehingga dilakukan proyek selanjutnya.(kmf2)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA