Walikota Ingatkan Bahaya Kebakaran di Ramadhan

97 Views | 6 Mei 2019

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang tak pernah bosan untuk mengingatkan bahaya kebakaran terhadap warganya, terlebih di bulan Ramadhan ini tingginya intensitas memasak di dapur, bahkan menjelang Ramadhan sudah menggelar apel siaga waspada kebakaran.

 

“Seperti kita ketahui, setiap Ramadhan, semangat ibu-ibu luar biasa menyiapkan hidangan. Khususnya lebih meningkatkan kewaspadaan saat menyiapkan hidangan sahur. Jangan lengah, apalagi saat membuat kue untuk kebutuhan lebaran,” ucap Syaharie Jaang mengingatkan warganya.

Menurut Jaang, biasanya pada saat menyiapkan hidangan sahur, ibu-ibu cenderung meninggalkan kompor dalam kondisi menyala.

“Jadi, sebaiknya jangan membiarkan kompor menyala kemudian ditinggal tidur, sebab hal inilah yang biasanya menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran,” katanya.

Begitu pula, lanjut Jaang saat mau meninggalkn rumah, baik berbelanja apalagi mudik sebaiknya periksa dan matikan semua peralatan elektronik dari sambungan listrik.

“Saya juga selalu ingatkan warga untuk memperhatikan instalasi kabel listrik. Jangan banyak-banyak diparalel dan listrik yang sudah tua, diganti saja. Lebih baik kita keluar duit mengganti kabel tua daripada nanti rawan kebakaran,” tandasnya.

Saat terjadi pemadaman listrik, diingatkan Jaang agar hati-hati menggunakan penerangan alternative lilin atau obor. “Biasanya lilin dialasi piring plastik yang mudah terbakar. Ada juga yang meletakkan diatas TV,” beber Jaang.

Jaang mengutarakan pula kesiap siagaan personel pemadam kebakaran, baik dari Dinas Pemadam Kebakaran maupun para relawan. “Sebelum masuk Ramadhan kita sudah melaksanakan gelar apel siaga siaga antisipasi kebakaran di bulan Ramadhan. Insya Allah siap. Yang jelas kita semua harus siap siaga dan melakukan upaya preventif supaya tidak terjadi kebakaran sekecil apapun,” pungkasnya.(kmf2)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA