Samarinda Tuan Rumah Pekan Seni Nasional

285 Views | 22 Mei 2019

Digelar September, Even Akbar Pagelaran Seni se-Kalimantan

SAMARINDA. Kehadiran bandara APT Pranoto Samarinda benar-benar menjadi magnet di segala bidang. Kali ini Samarinsa dipercaya menjadi tuan rumah even besar Pekan Seni Nasional.

Hal ini terungkap dalam audiensi Walikota Samarinsa Syaharie Jaang dengan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di rumah jabatan Walikota, Selasa (21/5).
Kasub bidang Seni Rupa Dirjen Kebudayaan Susianti menyampaikan rencana mengadakan  even besar tadi berupa pagelaran seni se-Kalimantan, diantaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dengan mengusung tema “kayuh beimbai”  diselenggarakan di pusat perbelanjaan Big Mall  pada  September 2019.
Susianti menjelaskan dipilihnya Kalimantan Timur, khususnya Samarinda sebagai tuan rumah, karena Kaltim merupakan Taman Mininya kalimantan dan disini Samarinda banyak sekali suku-suku dayak Kalimantan. 
"Tjuan diselenggarakannya even ini untuk mengangkat seniman-seniman asli Kalimantan ke ajang nasional. Karena beberapa kali kami menyelenggarakan Festival seni anak-anak tingkat nasional, teater tingkat nasional, seni media serta workshop  atau pelatihan banyak melibatkan seniman-seniman dari Samarinda,”ungkap Susi.
Dan diajang inilah mereka menganggap seniman-seniman Kalimantan dapat menunjukan kreatifitas-kreatifitasnya serta karya-karya seninya. 
Adapun yang akan digelar pada even ini antara lain, Pameran Besar Seni Rupa, Pekan seni Budaya dan Pekan Teater Tradisi.
Syaharie Jaang menyambut baik dan berterima kasih dengan akan diadakannya Pekan Seni Nasional  di Samarinda, dimana kegiatan ini akan mengangkat kebudayaan-kebudayanyan asli Kalimantan di mata nasional maupun  internasional. 
"Dengan kesenian dan budaya, kita dapat meningkatkan pendapatan daerah melalui pariwisata, selain kita mengandalkan sumber daya alam yang akhirnya itu akan  habis,”ungkap Jaang.
Ia menegaskan akan selalu mendukung kegiatan yang baik  ini dan akan melibatkan dinas-dinas terkait seperti Dinas Kebudayan dan lainnya untuk suksesnya acara Pekan Seni Nasional yang akan digelar September mendatang. 
Hadir dalam kesempatan ini Asisten I Tejo Sutarnoto, kepala Diskominfo Aji Syarif Hidayatullah, kepala Dinas kebudayaan Adriyani, dan staf terkait.(kmf10)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA