Karyawan Bukan Sebagai Alat Produksi Melainkan Sebagai Mitra Usaha

1124 Views | 17 April 2017

Jaang : Dalam Pekerjaan Jangan Merasa Yang Paling Hebat

KOMINFO.SAMARINDA-Walikota Samarinda H. Syaharie Jaang sangat kagum dengan keberadaan Eramart atau dulunya Era 5000 sebagai perusahaan retail milik warga lokal Samarinda yang berkembang semakin besar sampai saat ini. Hal itu diungkapkannya disaat membuka acara Pelatihan Motivasi dan Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Di Perusahaan yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Samarinda dan bekerja sama dengan Eramart Samarinda Senin (17/4) Di Eramart Pusat, Komplek Mall Lembuswana Jl. S Parman Samarinda.

Tujuan acara ini adalah untuk menciptakan sikap mental dan selalu terus berusaha dalam suatu kebaikan secara berkelanjutan melalui efisiensi, efektifitas serta meningkatkan kualitas tenaga kerja di Perusahaan. Adapun peserta pelatihan motivasi diikuti oleh 150an orang, mewakili dari karyawan Eramart seluruh Samarinda.

Pada sambutannya menurut Jaang bahwa, karyawan selama ini banyak berpikir untuk hak serta fasilitasnya saja yang dituntut, tetapi semua itu juga harus bisa diimbangi dengan melihat kewajiban kita sebagai karyawan harus dilaksanakan dengan baik. Kalau kerjanya baik, motivasinya juga baik dan akhirnya perusahaan bisa berhasil sampai terus berkembang semakin besar dampaknya juga untuk karyawan yang akan bisa bekerja secara berkesinambungan tanpa merasa was – was akan kebangkrutan ataupun PHK.

“Kita lihat saja dahulu Eramart cuma punya 400 karyawan, kini bisa berkembang sangat pesat menjadi 1000 orang lebih karyawan, itu sangat luar biasa. Dan hebatnya lagi adalah Eramart ini didirikan oleh putra daerah, karena kita tahu sendiri persaingan di bisnis retail sangat ketat bahkan kelas Nasional sampai Internasional bisa masuk karena kita harus tetap terbuka kepada semua investor manapun dengan catatan semua harus melalui Perwali dan aturan yang berlaku,” jelas Jaang sembari menjadi motivator bagi karyawan Eramart juga membagi pengalamannya selama berada di perusahaan mulai dari nol sebelum terjun pada dunia Politik.  

Oleh sebab itu perusahaan ini berkembang juga besar di Samarinda khusunya dan Kaltim pada umumnya tentunya juga bisa membuka lapangan pekerjaan yang mayoritas tentu warga Samarinda didalamnya sehingga dapat multi efeknya.

“Jadi saya pesan kepada seluruh para karyawan karyawati Eramart bekerjalah dengan baik, karena kita akui sekarang cari pekerjaan sangat sulit, kalaupun nanti kedepannya akan pindah ditempat lain pindahlah dengan baik supaya masih bisa terus menjaga silaturahmi dan dalam suatu pekerjaan janganlah merasa dirinya yang paling hebat, karena pekerjaan ini adalah kerja tim sehingga kekompakan tim akan sangat kelihatan hasilnya makanya keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting. Karyawan itu bukan sebagai alat produksi melainkan karyawan sebagai mitra usaha untuk bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar,” tambahnya.

Sementara itu Owner Eramart Susanto Ali merasa terpanggil untuk terus membantu, mengembangkan bisnis retail di Samarinda maupun Kaltim. Karena selain juga ikut menyumbangkan pajak buat Pemerintahan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. “Kami juga ikut bertanggung jawab terhadap masyarakat Samarinda melaui Corporate Social Responsibility (CSR) serta kegiatan sosial lainnya. Dan perlu diketahui sampai sekarang Eramart sudah ada di Balikpapan 2 toko, Tenggarong 6 toko, Bontang 3 toko, Sangatta 2 toko, Muara Wahau 1 toko, dan Samarinda 34 toko. Target kedepannya sampai 100 toko,” pungkasnya. (Kmf 5)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA