Walikota Perintahkan Semua OPD Rapikan Arsip

Post By : Alfi Haryadi Created : 3 years ago Jurnalis : --

Walikota Perintahkan Semua OPD Rapikan Arsip

KOMINFO. SAMARINDA - Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengakui jika persoalan arsip tidak bisa disepelekan. Bahkan ia menyebut arsip sebagai dokumen yang sangat penting sehingga harus dijaga secara baik. Bahkan persoalan arsip bisa saja bersentuhan dengan masalah hukum bila tidak dikelola secara tepat dan diarsipkan secara baik.

Hal ini disampaikan Walikota dalam Rapat Kerja (Raker) Pengawasan Kearsipan di lingkungan Pemkot Samarinda di aula Rumah Jabatan (Rumjab) Walikota, Jalan S Parman, Samarinda Ulu, Senin (17/4/2017) pagi. Karena menganggap penting persoalan arsip, sehingga ia menyatakan mendukung penuh kegiatan Raker yang melibatkan sejumlah pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda tersebut.
"Saya minta supaya arsip di semua OPD bisa dirapikan secara baik. Kemudian yang ikut raker ini juga saya harap supaya pimpinan OPD langsung. Jika bukan Kepala OPD, paling tidak sekretaris, atau minimal pejabat eselon III. Biar bisa paham betul persoalan Kearsipan inI," tandasnya.

Diakui Jaang, persoalan arsip ini memang sudah lama menjadi pembahasan di lingkungan Pemkot Samarinda. Karena itu, seiring aturan baru yang mengatur tentang OPD, Pemkot Samarinda kini telah membentuk OPD yang khusus mengurus Kearsipan yakni Dinas Kearsipan Kota Samarinda. OPD baru tersebut kini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) yang juga sekaligus Asisten III Pemkot Samarinda, Burhanuddin.

"Sempat kita mau gabungkan di bawah Badan Perpustakaan. Tapi karena kita mau supaya lebih konsentrasi mengurus arsip, sehingga kita bentuk OPD sendiri. Kedepan kita berharap supaya arsip kota bisa lebih baik. Karena cukup banyak dokumen. Misalkan di DPMPPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Red) yang tiap hari harus menandatangani ratusan berkas. Semua ini tentunya harus diarsipkan secara baik. Biar suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencarinya," tandas Walikota. (kmf3)